HOME WEBMAIL
SMA KATOLIK
WR SOEPRATMAN
 
 

back
Siswa-Siswi Haus Motivasi
14 Mei 2012

SAMARINDA, SMAK W.R. SOEPRATMAN 020 - Upaya sekolah dalam memberikan pembinaan dan membangkitkan motivasi belajar bagi siswa-siswi harus secara terus-menerus dilakukan. Pembinaan tidak hanya dilakukan dalam proses KBM di kelas, tetapi juga di luar kelas pun bisa dilakukan. Hal ini sudah menjadi suatu kebutuhan dan akan menjadi program tahunan bagi SMA Katolik W.R. Soepratman 020, dalam mempersiapkan peserta didik dengan berbagai cara positiif yang membangkitkan gairah belajar siswa. Melalui program Life Management Training yang diberikan, Jumat (11/5) lalu bertempat di Kapel Seminari Don Bosco Samarinda mendapat sambutan luar biasa.
Kegiatan Life Managemant Training diberikan kepada para siswa-siswi sebagai upaya sekolah menggugah gairah para siswa dalam menekuni profesi mereka secara menyenangkan. Para siswa perlu penyegaran akan maind set yang benar akan artinya belajar. Para siswa perlu motivasi, mampu mengenali potensi diri, dan arah pendidikan bagi mereka kelak.
Paradigma belajar  yang keliru akan berdampak pada hasil yang tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Oleh karena itu, para siswa perlu diberi penyegaran, diarahkan pada upaya pengenalan jati diri agar lebih fokus pada tujuan dan cita-cita pembelajaran bagi mereka.
Untuk membangkitkan motivasi belajar para siswa memang tidak dapat dilakukan secara instan, namun perlu diproses dan dilakukan secara kontinu. Kegiatan motivasi, oleh pihak sekolah sendiri rasakan belumlah cukup. Oleh karena itu, pihak sekolah bekerja sama dengan Diknas Kota Samarinda mencoba menjawab tantangan tersebut dengan mendatangkan team motivator LMT yang berpusat di Solo, yang digawangi oleh Ki Seno Hadisumitro, dan sering dipanggil dengan Ki Seno, sebagai nara sumber. Ini dimaksudkan agar tercipta suasana baru bagi para siswa.
Para siswa sebagai agen perubahan, sangat memerlukan motivasi dalam mewujudkan cita-cita mereka. Tidak cukup bagi kita, kaum pendidik, hanya dengan menjejali mereka akan ilmu pengetahuan dan kemudian membiarkan mereka menentukan tujan pendidikan mereka tanpa diarahkan. Mereka, jelas butuh motivasi, mereka butuh pendampingan yang terarah. Kurang lebih aspek membangun manusia seutuhnya itu adalah tujuan utamanya.
Seluruh kegiatan LMT bagi para siswa ini dipusatkan di Kapel Seminari Don Bosco Samarinda. Kegiatan ini, oleh sekolah, wajib diikuti oleh seluruh siswa dan siswi kelas X dan XI tanpa kecuali.  Hadir dalam kegiatan  ini Kepala Sekolah, seluruh guru, dan karyawan.
Dalam sambutan Kepala Sekolah, Rita Tipung Uvat, S.Pd., mengikatkan bahwa ”belajar tidak hanya menekankan pada aspek ilmu pengetahuan dan teknologi, namun juga pembentukan sikap-kepribadian (karakter), kreativitas, dan seni peserta didik. Mereka harus terus dimotivasi untuk bertanggung jawab pada dirinya, keluarga, dan lingkungan. Peningkatan kualitas diri dengan mengenali potensi diri tidak bisa seperti membalik telapak tangan, namun perlu proses berkesinambungan. Oleh karena itu, kegiatan LMT ini merupakan bagian tak terpisahkan dalam mempersiapkan peserta didik ke arah yang lebih baik. Karena ini sejalan dengan misi SMAK W.R. Soepratman 020, yaitu merwujudnya sumber daya manusia yang berilmu pengetahuan, cerdas, terampil, dan kreatif, serta bermoral kristiani.” demikian tandasnya.
Proses penyajian materi dibagi dalam dua sesion. Hampir di setiap sesion selalu mendapat sambutan yang luar biasa dari peserta. Walau keluasan materi yang seharusnya disajikan dalam waktu empat hari, namun tidak mengurangi dari bobot materi tersebut disajikan hanya dalam setengah hari. Hal ini terjadi karena jadual pihak LMT sangat padat, maka pihak sekolah mencoba menyesuaikan jadual dengan tidak mengurangi substansi materi yang harus disajikan.
Antusiasme para siswa untuk mengikuti program motivasi ini cukup tinggi. Hal ini terlihat dari keterlibatan mereka secara aktif dalam mengikuti berbagai instruksi dari team motivator. Mereka secara serius mengikuti tahap demi tahap proses motivasi ini hingga selesai. Mereka sangat mengharapkan kegiatan semacam ini dapat dilakukan secara terus menerus.
Dukungan dari semua pihak dalam hal ini,  Kepala Dinas Pendidikan Kota Samarinda, Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Diknas, Kabid. Kurikulum Diknas, Rektor Seminari Don Bosco,  seluruh guru/karyawan SMAK W.R. Soepratman, dan orang tua siswa adalah komponen penting hingga kegiatan ini bisa terselenggara dengan baik. Oleh, Rita tidak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan Life Management training bagi siswa-siswi SMA Katolik W.R. Soepratman 020 ini.
Bagi peserta didik diharapkan lebih termotivasi dalam belajar, lebih fokus pada impian-impian mereka. Selain itu, diharapkan kerja sama dengan pihak luar semacam ini perlu lebih diintensifkan lagi dalam berbagai bidang. Lanjut Rita Tipung Uvat penuh antusias. (BBM/Proda).
 

COUNTER & TRACKER
45421
 
POLLING
Pertanyaan: Bagaimana tampilan website ini?

Jawaban Bagus
Istimewa
Keren
Sempurna
 

 
facebook  twitter